Jumat, 06 Oktober 2017

Kofaktur Adalah Alat Bantu E-Faktur Untuk Konversi Dari Excel ke Format CSV




Berhubung blog saya ini masih sangat miskin akan tulisan maka dipandang perlu untuk ditingkatkan. Namun perkara tulis-menulis bagi saya ternyata tergantung kepada situasi.  Dalam situasi serasa di alam terbuka biasanya keinginan untuk menulis itu muncul dengan sendirinya. Demikian juga untuk saat ini karena bertepatan dengan hari Jum'at dimana pada keeseokan harinya akan menikmati hari libur maka rasa untuk menulis itu sedikit ada.

Beberapa hari yang lalu di awal Oktober terjadi update otomatis Aplikasi E-faktur dari versi 1.xx menjadi versi 2.0.  Inilah yang melatar belakangi keinginan untuk menulis lagi.  Tujuannya adalah untuk membagi pengalaman kepada sesama seprofesi yaitu orang-orang yang bekerjaan pada bagian perpajakan.

Pada saat kejadian itu banyak wajib pajak yang mengeluh karena proses update-nya tidak berjalan mulus atau sebagaimana mestinya.  Informasi ini didapat dari seorang teman yang berprofesi sebagai Konsultan Pajak di Jakarta.  Demikian pula yang saya alami.  Untuk update di kantor tempat saya bekerja ternyata juga mengalami gagal update, akan tetapi untuk yang di-update melalui komputer rumah berjalan lancar-lancar saja.  Dari sini ditemukan bahwa penyebab gagalnya update e-faktur adalah karena faktor internet yang lambat.  Maklum pada siang hari merupakan saat puncak penggunaan e-faktur.  Dengan demikian dapat dibayangkan betapa padatnya lalulintas jaringan pada saat itu.

Masalah Entry Data E-Faktur


Meng-entri data E-faktur yang merupakan langkah awal pembuatan Faktur Pajak hingga terbitnya Laporan SPT PPN & PPnBM.  Untuk transaksi dengan volume yang masih kecil, meng-entri pada E-faktur tentulah tak banyak menimbulkan masalah.  Akan tetapi masalah akan muncul jika volume transaksi sudah mulai membesar.  Katakanlah dalam sehari menginput 100 item saja, sudah bisa dibayangkan betapa melelahkan dan membosankannya pekerjaan tersebut. Untuk itu harus dipikirkan bagaimana cara untuk mempercepat pekerjaan dan dengan hasil yang akurat tentunya.

Setelah saya melakukan "semedi" beberapa saat, akhirnya ditemukanlah ide untuk membuat Macro Excel.  Tepat 3 hari kemudian hasil "semedi" langsung diujicobakan dan hasilnya Alhamdulillah Sukses yang ditandai dengan berhasilnya input atau import data hingga berjumlah ratusan hanya dengan hitungan menit saja.

Puaskah saya dengan hasil temuan saya itu?  Tentu saja kita harus puas, karena merasa puas itu sebagai pertanda rasa bersyukur kepada yang maha kuasa.  Namun tanpanya saya akan merasa puas lagi jika aplikasi ini telah didistribusikan kepada orang-rang yang membutuhkan.  Untuk bagi yang mau kedapatan distribusi silahkan WA ke 0821-22947309







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Abdul Qahhar Mudzakkar Dari Patriot Hingga PemberontakAbdul Qahhar Mudzakkar Dari Patriot Hingga Pemberontak

 by : Anhar Gonggong Kahar Muzakkar dalam sambul buku “Abdul Qahhar Mudzakkar Dari Patriot Hingga Pemberontak” karya Anhar Gonggong. ...